Primary tabs

9 DINAS DAN 1 KECAMATAN TERIMA "LAKI"

Muntok, 5/12/19__sebanyak 9 Dinas dan 1 Kecamatan menerima Laporan Audit Kearsipan Internal  (LAKI) yang di serahkan langsung oleh Kepala Pusat Akreditasi ANRI Rudianto dan Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Bangka Barat, Drs. H. Rozali diruangan Operasional Room (OR) II, kamis (5/12).

Penyerahan LAKI ini di merupakan program kerja dari Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Bangka Barat, yang terus berupaya untuk meningkatkan penyelenggaraan kearsipan yang lebih baik lagi disetiap OPD.

Asisten Perekonomian dan Pembangunan Drs. Rozali saat mewakili Bupati Bangka Barat mengatakan Kearsipan merupakan sumber informasi dan sebagai alat pengawasan yang sangat diperlukan dalam setiap instansi, dalam rangka kegiatan perencanaan, penganalisaan, pembangunan, pembuatan laporan, dan pengambilan keputusan.

"Pentingnya arsip bagi penunjang kegiatan, sehingga setiap instansi mempunyai cara penanganan dan cara penyimpanan arsip yang berbeda, baik digunakan dalam keperluan internal sebagai alat analisa maupun pengambilan keputusan." Tambahnya.

Rozali menambahkan bahwa pelaksanaan audit kearsipan internal ini menggunakan instrument yang disusun oleh Arsip Nasional republik Indonesia (ANRI). Dengan menggunakan aplikasi pelaporan yang juga telah ditetapkan, hasil audit disusun dalam Laporan Audit Internal (LAKI).

Kesepuluh OPD yang menerima hasil Laporan Audit Kearsipan Internal tahun 2019 adalah 

1.Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak.

2. Dinas Pertanian dan Pangan

3. Dinas Pariwisata dan Kebudayaan

4. Dinas Satuan Polisi Pamong Praja dan Penanggulangan Bencana

5. Dinas Komunikasi dan Informatika

6. Dinas Lingkungan Hidup

7. Dinas Sosial, Pemberdayaan Masyarakat dan Desa

8. Dinas Kelautan dan Perikanan

9. Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil

10. Kecamatan Simpang Teritip

Audit Pengawasan Kearsipan dilakukan berdasar Undang – Undang Nomor 43 Tahun 2009 tentang Kearsipan menyatakan bahwa penyelenggaraan kearsipan bertujuan untuk menjamin terciptanya arsip ketersediaan, arsip yang autentik dan terpercaya, terwujudnya pengelolaan arsip yang handal dan terlindunginya asset Negara serta meningkatkan kualitas pelayanan publik.

Sumber: 
Humas Setda
Penulis: 
roe
Bidang Informasi: 
Humas