Primary tabs

JADI KEYNOTE SPEAKER, MARKUS DIBANJIRI PUJIAN DAN APRESIASI

Sidoarjo, 7/2/20__Bupati Bangka Barat Markus hadiri kegiatan Program RUDS 2019 dengan tema Kolaborasi Pengembangan Masyarakat Dan Inovasi Daerah "knowledge and innovation Center" di selenggarakan oleh Kementerian Dalam Negeri yang di laksanakan di ballroom fave hotel Kabupaten Sidoarjo, Provinsi Jawa Timur, jumat (7/2).

Pada kesempatan tersebut Bupati Bangka Barat Markus, dipercaya sebagai pembicara utama atau keynote speaker untuk menjelaskan tentang program REDS/RUDS.

Setelah menjelaskan program RUDS, Markus banyak mendapatkan pujian dan apresiasi dari perwakilan Kabupaten/Kota dan dari President INADATA, karena dianggap berhasil menjalankan program RUDS, salah satunya yaitu gebrakan membuat perpustakaan modern dan menekan angka stunting di Bangka Barat.

"Perpustakaan ini kan hampir semua daerah kurang memberikan perhatian baik itu anggaran maupun fasilitas kepada Dinas Perpustakaan. Dari sinilah Pemerintah Pusat menilai dan melihat komitmen Pemerintah Daerah untuk memajukan perpustakaan." Ungkap Markus.

Markus juga mengatakan bahwa saya bersama Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Bangka Barat yang menyakinkan Pemerintah Pusat tentang apa yang sudah kita lakukan terhadap pengolaan perpustakaan, misal menganggarkan anggaran yang besar untuk perpustakaan, beberapa kali mengirimkan perpustakaan desa untuk mengikuti perlombaan perpustakaan tingkat nasional mewakili Kabupaten maupun Provinsi. Dan akhirnya Pemerintah Pusat memberikan bantuan kepada Bangka Barat tahun 2020 ini pembangunan gedung perpustakaan modern dan mobil perpustakaan keliling dan ini tidak semua daerah dapat.

Bupati Markus juga mengangkat masalah penanganan stunting, bahwa cara mengatasi stunting di Bangka Barat dengan cara kerja keroyok atau kerja bersama, jadi politik anggaran nya tidak hanya di Dinas Kesehatan saja tapi di libatkan pada lainnya Bappeda, LH, Distanak dan OPD terkait lainnya.

"Kita juga berkoordinasi dengan pihak kementerian terkait dan pihak Provinsi, karena penanganan stunting tidak bisa dilakukan sendiri. Bangka Barat fokus dalam melaksanakan penanganan stunting, jadi ditahun pertama kita fokus menangani desa dengan angka stunting tinggi, baru ditahun-tahun berikutnya ke desa-desa yang lainnya." Tambahnya.

Markus juga mengatakan bahwa kegiatan program RUDS ini sangat penting untuk kepala daerah yang ingin belajar dan program RUDS ini sangat baik dan bagus untuk di terapkan didaerah, dengan tujuan menyejahterakan masyarakat.

Sumber: 
setda
Penulis: 
h_roe
Fotografer: 
Seprizal3
Bidang Informasi: 
Humas