Primary tabs

DIREKTUR EKSEKUTIF JKPI DUKUNG MUNTOK SEBAGAI KOTA PUSAKA KEBANGSAAN

Muntok, 12/9/19__Direktur Eksekutif JKPI, Nanang Asfarinal mengungkapkan secara spesifik, Muntok bisa jadi kota pusaka kebangsaan karena ada nilai histori yang kuat di sini. Ini yang sejatinya dioptimalkan pemerintah daerah untuk menjadikan Muntok sebagai pusat gelaran yang berhubungan dengan kebangsaan. Sebab dari Muntok inilah lahir produk-produk besar bagi kemerdekaan Indonesia.

Ungkapan tersebut disampaikan Nanang saat Seminar Jaringan Kota Pusaka Indonesia di Pasanggrahan Menumbing, kamis (12/9). Seminar tersebut mengangkat tema “Peningkatan Kapasitas Pariwisata dan Kebudayaan Daerah Guna Meningkatkan Harmoni Kebangsaan Dalam Bingkai kebhinekaan”.

 “Pemerintah daerah bersama masyarakat harus bekerjasama dan pemerintah pusat untuk menjadikan Muntok sebagai kota pusaka kebangsaan dan JKPI tentu akan sangat mendukung. Dan ini semua harus dibutuhkan perencanaan yang matang, promosi yang baik dan berkelanjutan.” Tambah Direktur Eksekutif JKPI.

Sementera itu Bupati Bangka Barat Markus menyampaikan dengan seminar ini kita saling berdiskusi, tentang bagaimana usaha bersama kita untuk menjaga dan melestarikan kota pusaka ini. Terutama aset wisata sejarah Menumbing ini bagaimana kita menaikan levelnya, kemasannya dengan harapan agar eksistensi Menumbing yang sekarang sudah dikenal di tingkat nasional, ke depan lebih dikenal lagi tentu harus dengan menggelar event besar sehingga orang semakin mengenal Muntok sebagai kota pusaka.

“Untuk diketahui masyarakat bahwa kota muntok ini sudah terdaftar dalam Jaringan Kota Pusaka Indonesia pada tahun 2013 silam, yang dimana anggota JKPI ini semuanya ada 50 Kabupaten/Kota se Indonesia. JKPI ini bertujuan sebagai jaringan yang memperkuat pelestarian nilai-nilai budaya Negara Republik Indonesia.” Tambahnya.   

Markus juga berencana akan mengundang kepala daerah di Indonesia yang tergabung dalam JKPI agar lebih memperkenalkan menumbing ke seluruh Indonesia sebagai salah satu andalan wisata budaya di Bangka Barat. Menumbing ini merupakan salah satu tempat pengasingan Presiden RI pertama dan para tokoh bangsa.

Sumber: 
Humas Setda
Penulis: 
roe
Fotografer: 
ist
Bidang Informasi: 
Humas