Primary tabs

DESA SEKAR BIRU DEKLARASIKAN DIRI SEBAGAI DESA ODF

Muntok, 4/9/19__Giliran Desa Sekar Biru Kecamatan Parittiga mendeklarasikan diri sebagai Desa Open Defecation Free (ODF) atau “stop Buang Air Besar Sembarangan” di halaman kantor Desa Sekar Biru, rabu pagi (4/9).

Pembacaan deklarasi atau ikrar ODF ini dibacakan langsung Kepala Desa yang diikuti oleh perwakilan masyarakat desa Sekar Biru dihadapan Bupati Bangka Barat, Sekretaris Daerah, dan tamu undangan lainnya.

Bupati Bangka Barat Markus saat menyampaikan sambutannya mengungkapkan terimakasihnya dan memberikan apresiasi yang luar biasa kepada seluruh masyarakat desa sekar biru yang sudah mendeklarasikan diri sebagai Desa ODF.

“Deklarasi desa ODF ini terjadi karena berkat dari dukungan dan komitmen semua masyarakat itu sendiri, yang sudah mendukung program pemerintah dibidang kesehatan. Diharapkan kedepan tingkat kesehatan masyarakat dapat meningkat signifikan.” Tambahnya.

Selanjutnya harapan kedepan Desa Sekar biru yang sudah mendeklarasikan Desa ODF dapat meningkatkan statusnya menjadi desa STBM (Sanitasi Total Berbasis Masyarakat) yang terdiri dari lima pilar yaitu tidak buang air besar sembarangan (STOP BABS), cuci tangan pakai sabun (CTPS), pengelolaan air minum tingkat rumah tangga (PAM RT), pengelolaan sampah tingkat rumah tangga (PS-RT), pengelolaan limbah tingkat rumah tangga (PAL-RT).” Ujar Markus.

Sementara itu Kades Sekar Biru mengungkapkan bahwa pada tahun 2017, kami sudah membuat jamban bagi warga yang belum mempunyai jamban sebanyak 29 jamban dengan menggunakan dana desa dan ada 11 jamban lagi dari bantuan koramil, dan tahun 2019 dibuat lagi 3 jamban dan kamar mandi umum.

“Diharapkan dengan deklarasi ODF ini masyarakat sekar biru sadar akan pentingnya kesehatan, karena dengan buang air besar sembarangan akan mengakibatkan penyebaran penyakit menular seperti diare, jadi dengan ODF atau stop buang air besar sembarangan dapat memutuskan rantai pola penyakit dengan menerapkan pola hidup sehat dengan cara tidak buang air besar sembarangan.” Sambungnya.

Dalam kegiatan tersebut juga ditandai dengan penandatanganan spanduk deklarasi ODF dan berita acara deklarasi ODF oleh Kades Sekar Biru, Camat parittiga, Tokoh Masyarakat yang disaksikan oleh Bupati Bangka Barat, Sekda Bangka Barat, Kapolsek Jebus-Parittiga, Kepala Dinas Kesehatan Bangka Barat, Danramil pariitiga, serta tamu undangan lainnya, dan Kades Sekar Biru juga menerima setifikat Deklarasi ODF secara langsung dari Bupati Bangka Barat.

Sumber: 
Humas
Penulis: 
-
Bidang Informasi: 
Humas