Primary tabs

BUPATI TANAM MANGROVE DAN JAMBU METE

Muntok, 20/3/20__Bupati Bangka Barat Markus menanam Mangrove dan Jambu Mete di Pantai Ranggam Lestari Desa Belo Laut Kecamatan Muntok dalam rangka Rehabilitasi Hutan dan Lahan Menuju Hari Mangrove Sedunia di Provinsi Bangka Belitung, jumat pagi (20/3).

Pada kesempatan Markus juga menyampaikan bahwa tanaman Mangrove memiliki banyak manfaat dalam mencegah erosi dan abrasi pantai yang merupakan tempat berkembangnya fauna dan biota laut, serta sebagai benteng angin kecang dan puting beliung dari laut. Selain itu, pantai juga menjadi sumber pendapatan masyarakat melalui pemanfaatan ekowisata, hasil hutan bukan kayu dan silvofishery.

“Hutan Mangrove di Bangka Barat tersebar hampir disetiap kecamatan, dengan luas lebih kurang 10.296 HA sebagai contoh di Kecamatan Muntok hutan mangrove cukup lebat dan rapat menbentang di daerah pesisir pantai, namun dari waktu ke waktu hutan mangrove tersebut mengalami degradasi akibat aktivitas manusia.” Sebut Markus.

Markus juga mengajak kepada seluruh masyarakat di Bangka Barat khususnya masyarakat di pesisir pantai, agar tidak segan menanam mangrove, karena mengingat manfaat hutan mangrove yang begitu banyak, baik untuk kita sendiri, biota laut dan lain sebagainya.

Kegiatan yang di inisiasi Dinas Kehutanan Provinsi Bangka Belitung ini dihadiri juga Gubbernur Babel, Dirpolairud Polda Babel, Ketua DPRD Bangka Barat, Kapolres Bangka Barat, Kepala Staf Kodim 0431/BB, Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Babel,sejumlah Kepala OPD Pemkab Bangka Barat, Camat untok, Kepala Desa Belo Laut, Kelompok Tani dan Hutan, PKK Desa Belo Laut, Tokoh Masyrakat dan Agama, serta tokoh pemuda belo laut.

Sumber: 
setda
Penulis: 
h_roe
Fotografer: 
3@m
Bidang Informasi: 
Humas