LOGIN ADMIN
SEKRETARIS DAERAH

Drs. Yunan Helmi, M. Si
NIP. 19670505 199203 1 009

VIDEO
STATISTIK PENGUNJUNG
  • Browser :
  • OS : Unknown Platform
  • Dikunjungi sebanyak : 52200 kali
Tugas dan Fungsi
Share This Articel on :

 

Tugas dan fungsi Sekretariat Daerah adalah sebagai berikut :

1.  Sekretariat Daerah merupakan unsur staf

2.  Sekretariat Daerah mempunyai tugas membantu Bupati dalam menyusun kebijakan dan mengkoordinasikan dinas daerah dan lembaga teknis daerah

3.  Sekretariat Daerah dalam melaksanakan tugas dan kewajiban sebagaimana dimaksud pada ayat (2) menyelenggarakan fungsi :

a.  Penyusunan kebijakan pemerintah daerah

b.  Pengkoordinasian pelaksanaan tugas daerah dan lembaga teknis daerah ;

c.  Pemantauan dan evaluasi pelaksanaan kebijakan pemerintahan daerah ;

d.  Pembinaan administrasi dan aparatur pemerintahan daerah;

e.  Pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh Bupati sesuai dengan tugas dan fungsinya.

4.  Tugas dan fungsi Sekretariat Daerah Kabupaten Bangka Barat terjabar di dalam struktur organisasi Sekretariat Daerah yaitu :

A.  Sekretariat Daerah terdiri dari 3 (tiga) asisten, 0 (Sembilan) bagian dan 25 Subbagian.

B.  Asisten terdiri dari 3 (tiga) bidang :

1)  Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat;

2)  Asisten Perekonomian dan Pembangunan;

3)  Asisten Administrasi Umum;

C.  Bagian pada Sekretariat Daerah meliputi :

1)  Bagian Tata Pemerintahan, terdiri dari :

a.  Sub Bagian Administrasi dan Pemerintahan Umum;

b.  Sub Bagian Evaluasi dan Pelaporan;

c.  Sub Bagian Pertanahan;

2)  Bagian Kesra, terdiri dari ;

a.  Sub Bagian Agama;

b.  Sub Bagian Bantuan Sosial;

c.  Sub Bagian Pendidikan dan Kesehatan.

3)  Bagian Humas dan Protokoler, terdiri dari :

a.  Sub Bagian Humas;

b.  Sub Bagian Protokol.

4)  Bagian Perekonomian dan Pembangunan :

a.  Sub Bagian Pemantauan dan Evaluasi Perekonomian dan Pembangunan Daerah ;

b.  Sub Bagian Penyusunan Kebijakan Perekonomian dan Pembangunan Daerah;

5)  Bagian Hukum, terdiri dari :

a.  Sub Bagian Peraturan Perundang-undangan ;

b.  Sub Bagian Tata Hukum dan Dokumentasi;

c.  Sub Bagian Penyuluhan dan Bantuan Hukum;

6)  Bagian Umum dan perlengkapan, terdiri dari :

a.  Sub Bagian Keuangan Sekretariat Daerah;

b.  Sub Bagian Perlengkapan dan Umum;

c.  Sub Bagian Rumah Tangga.

7)  Bagian  Organisasi dan Kelembagaan, terdiiri dari :

a.  Sub Bagian Kelembagaan;

b.  Sub Bagian Tata laksana;

c.  Sub Bagian Analisa Jabatan dan Kepegawaian Setda.

8)  Bagian Pelayanan Data Elektronik, terdiri dari :

a.  Sub Bagian Data Elektronik Umum

b.  Sub Bagian Layanan Pengadaan Sistem Elektronik.

9)  Bagian Layanan Pengadaan, terdiri dari :

a.  Sub Bagian Fasilitas Pelelangan;

b.  Sub Bagian  Pembinaan dan Penyelesaian Hukum.

5.  Sekretariat Daerah dipimpin oleh Sekretaris Daerah.

6.  Sekretariat Daerah berkedudukan dibawah dan bertanggung jawab kepada Bupati.

7.  Sekretariat Daerah dalam menjalankan tugasnya dibantu oleh para Asiisten.

8.  Asisten secara teknis operasional berkedudukan dibawah dan bertanggungjawab kepada Sekretaris Daerah.

9.  Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, membawahi dan mengkoordinasikan :

1)  Bagian administrasi pemerintahan umum (dengan ruang lingkup meliputi pengawasan, tugas pembantuan, ketentraman dan ketertiban, perlindungan masyarakat, penanggulangan bencana, kependudukan, agrarian dan kerjasama);

2)  Bagian administrasi kesejahteraan rakyat (dengan ruang lingkup meliputi bidang pendidikan, kesehatan sosial, tenaga kerja dan transmigrasi, pemberdayaan perempuan, keluarga berencana dan agama);

3)  Bagian adminitrasi kemasyarakatan (dengan ruang lingkup meliputi kesatuan bangsa dan politik, pemuda dan olahraga dan pemberdayaan masyarakat).

10.  Asisten Perekonomian dan Pembangunan, membawahi dan mengkoordinasikan :

1)  Bagian administrasi pembangunan (dengan ruang lingkup meliputi bidang perencanaan dan pembangunan, penelitian dan pengembangan, statistik, perhubungan, pekerjaan umum, budaya dan pariwisata);

2)  Bagian administrasi sumber daya alam (dengan ruang lingkup meliputi bidang pertanian, peternakan, perkebunan, kehutanan, pertambangan dan energi, lingkungan hidup, kelautan dan perikanan);

3)  Bagian administrasi perekonomian (dengan ruang lingkup meliputi koperasi dan UKM, penanaman modal, perindustrian dan perdagangan, dan badan usaha daerah).

11.  Asisten administrasi umum (dengan ruang lingkup bidang hukum dan perundang-undangan, organisasi dan tata laksana, SDM aparatur, keuangan, pendapatan, perlengkapan dan asset, kearsipan, perpustakaan serta urusan umum).

AGENDA KEGIATAN TERBARU
LINK TERKAIT